Kebenaran Tentang Konferensi Ibadah

Berapa kali Anda menghadiri konferensi penyembahan, terinspirasi oleh beberapa pemimpin pujian dan penyembahan yang benar-benar hebat, namun pulang ke gereja lokal Anda hanya untuk menemukan bahwa Anda masih tidak tahu bagaimana memimpin penyembahan secara efektif? Konferensi penyembahan sangat bagus, tetapi setiap kali saya menghadirinya (dan saya telah menghadiri banyak konferensi penyembahan dalam dua dekade terakhir) saya tidak pernah benar-benar menemukan alat baru, menarik dan efektif yang dapat saya gunakan di gereja saya sendiri.

Faktanya adalah, jika kita menghadiri konferensi penyembahan dengan tujuan untuk menjadi pemimpin pujian dan penyembahan yang lebih baik, pada akhirnya kita akan kecewa. Konferensi ibadat benar-benar merupakan sumber inspirasi dan tantangan, bukan sumber pelatihan yang benar-benar dapat Anda gunakan dalam pengalaman Anda sendiri.

Sebagian alasannya adalah karena terbatasnya waktu yang tersedia selama konferensi penyembahan, dan dalam beragam kemampuan peserta, beberapa di antaranya adalah pemula sementara yang lain adalah pemimpin pujian dan penyembahan yang berpengalaman dan ulung.

Alasan lain dari kurang efektifnya banyak konferensi ini adalah bahwa para pembicara tidak dapat mengartikulasikan apa yang bagi mereka merupakan kemampuan alami, atau mereka tidak akan mengartikulasikannya baca surat Yasin; karena mengungkapkan pujian dan penyembahan rahasia terkemuka akan mengurangi rasa hormat atau mistik yang mereka miliki sebagai pemimpin ibadah. Saya menyadari bahwa ini adalah hal yang kontroversial untuk dikatakan, tetapi sebagai seseorang yang telah memimpin ibadah dan juga menghadiri konferensi selama bertahun-tahun, saya tahu bahwa ada teknik dan keterampilan yang dimiliki oleh pemimpin pujian dan penyembahan yang hebat yang tidak dimiliki oleh orang miskin, dan bahwa ini keterampilan dapat diajarkan.

Sayangnya, konferensi penyembahan tidak mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan oleh para pemimpin yang kurang berpengalaman untuk benar-benar mengangkat tingkat penyembahan mereka. Paling sering keterampilan ini disinggung daripada dijabarkan untuk pemimpin pujian dan penyembahan yang berjuang dan sering, terutama di banyak konferensi ibadah yang terjadi setiap tahun, mereka digantikan oleh jargon spiritual yang terus membangun citra pemimpin yang diurapi. . Tolong jangan salah paham dengan saya, saya tidak menyarankan bahwa para pemimpin besar tidak diurapi, saya juga tidak menyarankan bahwa Roh Kudus memainkan peran kedua setelah trik dan teknik. Saya menyarankan bahwa, terlepas dari apa yang mungkin Anda dengar di banyak konferensi pujian dan penyembahan, ada teknik dan tip praktis dan efektif yang dapat Anda pelajari untuk meningkatkan kepemimpinan Anda di gereja Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan pemimpin pujian dan penyembahan yang ulung dan berpengalaman, seseorang yang bersedia mengungkapkannya kepada Anda.

Apakah ini berarti konferensi ibadah tidak ada gunanya? Tidak, tentu saja tidak, tetapi satu atau dua hari di hadapan para pemimpin hebat tidak dapat dan tidak akan memengaruhi Anda sebanyak berminggu-minggu atau berbulan-bulan pelatihan yang solid, mengajari Anda teknik dan alat yang tepat yang membantu musisi dan penyanyi hebat ini menjadi pujian besar dan pemimpin ibadah. Konferensi ini diadakan untuk membantu kita terinspirasi dalam keahlian kita, dan untuk menunjukkan kepada kita tingkat yang telah diperoleh orang lain ketika mereka memimpin ibadah. Mereka tidak mengajari kita cara praktis memilih lagu yang tepat, cara memadukan lagu, cara menaikkan tuts atau menerapkan gaya yang berbeda pada ibadah kita. Mereka tidak mengajari kami bagaimana mengelola tim kami, bagaimana menghadapi ego, bagaimana mengikuti Roh dalam penyembahan dan bagaimana berbaur dengan dan melayani gaya pelayanan yang dimiliki Pendeta Anda.

Faktanya adalah, meskipun konferensi penyembahan menginspirasi, konferensi tersebut tidak dapat melatih Anda seperti kursus penuh, seperti “Worship In A Nutshell”. Jadi, alih-alih menggantungkan semua harapan Anda pada yang berikutnya dalam serangkaian konferensi ibadah yang panjang, mengapa tidak meluangkan waktu sejenak dan biarkan kami menunjukkan kepada Anda bagaimana mendapatkan pelatihan yang benar-benar akan membantu Anda memimpin ibadah, mulai Minggu depan?